Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13, LOGIN www.prakerja.go.id

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 resmi dibuka pada Kamis (4/3/2021) kemarin. Seperti diumumkan melalui Instagram , pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 mulai dibuka sejak pukul 12.00 WIB. Masyarakat bisa mendaftar melalui alamat situs resmi di www.prakerja.go.id.

Bagi pendaftar yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik "Gabung" ke Gelombang 13 agar dapat masuk ke tahap seleksi. Untuk diketahui, Kartu Prakerja merupakan program bantuan yang diprioritaskan bagi para pekerja yang terkena dampak langsung dari pandemi virus corona (Covid 19). Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, masyarakat diminta tak perlu mendaftar semua pada hari pembukaan Kamis (4/3/2021).

"Pembukaan gelombang ini akan dilakukan beberapa hari, jadi masyarakat tidak perlu melakukannya secara tergesa gesa hari ini semua." Bagi pendaftar Kartu Prakerja gelombang 12 yang belum lolos, masih bisa mengikuti proses seleksi pada gelombang gelombang selanjutnya. Selain itu, bagi mereka yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja, disarankan untuk segera membuat akun (bagi yang belum mempunyai akun).

Louisa juga mengingatkan, proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang. Jadi, bukan berdasarkan kecepatan peserta yang mendaftar. "Jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat. Nanti kami akan umumkan jadwal penutupannya," tambahnya.

Di sisi lain, bagi masyarakat yang belum lolos seleksi di gelombang 12, bisa melakukan pendaftaran pada gelombang 13. Sama seperti sebelumnya, kuota peserta Kartu Prakerja Gelombang 13 sebanyak 600.000 peserta. Sebagai informasi, program Kartu Prakerja mulai bergulir untuk membantu masyarakat yang belum memiliki pekerjaan atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid 19.

Mereka yang berhasil lolos seleksi akan mendapat sejumlah insentif untuk mengakses beragam pelatihan dan sebagainya. Kartu Prakerja diperuntukkan WNI. Berusia 18 tahun ke atas.

Tidak sedang bersekolah. 1. Membuat akun Prakerja. Masuk ke situs dan pilih menu Daftar Sekarang.

Masukan nama lengkap, alamat e mail , dan kata sandi baru. Cek e mail masuk dari akun Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e mail . Setelah konfirmasi akun e mail berhasil, kembali ke situs Prakerja.

2. Isi data diri. Login akun Prakerja. Anda bisa memasukkan alamat e mail dan kata sandi yang baru dibuat.

Nantinya, Anda diminta untuk verifikasi KTP, mengisi data diri, dan nomor HP. Kemudian, masukan nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, lalu klik Lanjutkan. Isikan data diri lengkap sesuai formulir Kartu Prakerja.

Misalnya, mengenai nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP. Kemudian, klik Lanjutkan. Masukkan nomor telepon.

Setelah mengisi nomor telepon, maka kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Ketika swafoto, pastikan foto yang kamu unggah ketika mendaftar sudah sesuai dengan ketentuan agar akun dapat diverifikasi. Pastikan juga seluruh wajah terlihat jelas, jangan gunakan kacamata, penutup kepala, apalagi menggunakan masker.

3. Ikuti tes. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online . 4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka. 5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Sebaiknya, pendaftaran tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat e mail , atau data pribadi lainnya. Jangan percaya bila menerima e mail yang tidak menggunakan domain e mail resmi Kartu Prakerja. Domain e mail resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id .

Apabila Anda menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja 0800 150 3001. Hal ini berdasarkan keterangan di akun resmi Instagram Kartu Prakerja, @prakerja.go.id. "Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. ㅤㅤ Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id ㅤㅤ Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. ㅤㅤ Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!" kutipan keterangan dalam postingan [email protected]

Nomor Layanan Masyarakat Kartu Prakerja berubah menjadi: 0800 150 3001 Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Nomor Layanan Masyarakat Kartu Prakerja akan beroperasi pada hari Senin Minggu pukul 08.00 20.00 WIB. Selain itu, masyarakat bisa menyampaikan kendala atau pertanyaan melalui: Fitur live chat di situs www.prakerja.go.id dan Email ke [email protected]

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan, sulitnya mengunggah foto KTP disebabkan tingginya minat masyarakat yang ingin mengikuti program ini. Louisa mengungkapkan, seleksi Kartu Prakerja gelombang 12 tidak didasarkan pada siapa yang lebih dahulu mendaftar. Namun, proses seleksi dilakukan secara acak setelah gelombang pendaftaran ditutup.

"Perlu kami jelaskan, seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar." "Proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang," ujar Louisa. Untuk itu, ia memberikan solusi agar terus dicoba hingga 26 Februari mendatang.

"Jadi kalau ada kesulitan mengunggah KTP silakan dicoba lagi nanti agak malam atau besok hingga 26 Februari," ungkapnya. Juga pastikan koneksi internet saat mengunggah foto KTP tetap stabil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *