Mau Liburan ke Jogja? Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini

Setahun beraktivitas di tengah pandemi dan puasa liburan ke luar kota bisa jadi membuat Anda dan keluarga bosan bukan. Hal itu wajar, mengingat aktivitas yang hampir monoton dilakukan setiap hari. Apalagi menurut berbagai penelitian, liburan ke tempat yang baru diyakini bisa mengurangi stress dan mengembalikan mood untuk bekerja. Anda tidak perlu khawatir. Saat ini kesempatan untuk berlibur ke luar kota sudah terbuka. Sejak pemerintah mengeluarkan aturan tentang adaptasi kebiasaan baru, beberapa tempat wisata mulai dibuka kembali untuk umum. Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yaitu jaga jarak, menggunakan masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun. Eits , tapi tunggu dulu. Meski sudah bisa berlibur, Anda tetap harus berhati hati dan waspada. Tak boleh gegabah dan sembarangan dalam memilih tempat wisata. Bagaimanapun kesehatan tetap nomor 1 ya.

Nah, agar tetap bisa menikmati liburan meski di tengah pandemi, jangan lupa untuk lakukan lima hal ini. Ada baiknya memilih tempat wisata yang berada di luar ruangan saat berlibur di tengah pandemi. Hal ini penting agar Anda selalu terlindungi. Wisata di luar ruangan biasanya memberi pengunjung kesempatan untuk bisa tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain. Ruang terbuka akan membuat Anda mudah memperhatikan suasana di sekitar. Selain itu, sirkulasi udara di ruang terbuka jauh lebih baik dibanding saat Anda berada di dalam ruangan bersama sejumlah orang.

Bila terpaksa untuk berkunjung ke objek wisata yang mayoritas berada di dalam ruangan atau indoor , pilihlah tempat wisata yang tidak ramai. Jangan ragu untuk membatalkan kunjungan dan mencari spot destinasi lain saat Anda menemukan tempat wisata tujuan sudah ramai dengan pengunjung. Saat berada di tempat liburan, mulailah untuk mengontrol tangan Anda. Hindari menyentuh benda benda di fasilitas umum secara intens. Biasanya, benda benda di fasilitas publik rentan sudah disentuh oleh banyak orang sehingga berpotensi menjadi media penyebaran kuman dan virus. Sebagai contoh, saat duduk di kursi taman, hindari untuk meletakkan tangan pada sandaran kursi yang ada. Begitu pula saat menaiki tangga di area terbuka. Bila tidak terlalu dibutuhkan, Anda tidak perlu berpegangan pada railing angga. Usahakan hanya bertopang pada kekuatan tubuh. Namun bila tidak memungkinkan segera cuci tangan atau gunakan hand sanitiser saat tiba di atas anak tangga.

Liburan tak bisa dipisahkan dengan acara makan makan. Ya dong, Anda tidak mungkin menahan lapar selama berlibur hanya karena takut terpapar virus. Hal yang perlu dilakukan adalah tetap jaga protokol kesehatan dan selektif dalam memilih tempat makan. Ada baiknya bila Anda memilih tempat makan yang memiliki sirkulasi udara bagus. Akan lebih bagus lagi bila restoran atau tempat makan tersebut menyediakan area makan di ruang terbuka seperti lantai dua tanpa kaca, atau gazebo di taman. Udara terbuka akan membuat Anda bisa bernafas lebih lega sehingga tidak mudah terpapar dengan virus. Selain itu, tempat makan di area terbuka biasanya lebih berjarak sehingga bisa terhindar dari kerumunan.

Salah satu hal yang tak boleh ketinggalan saat Anda berlibur di tengah pandemi adalah selalu membawa travel kit plus. Travel kit plus berisi benda benda wajib ada yang harus dibawa saat perjalanan. Dalam situasi normal, travel kit yang biasa dibawa oleh para traveler dan backpacker biasanya berisi tisu basah, sunblock, sabun pencuci muka, sikat dan odol, dan beberapa obat pribadi. Namun, selama liburan di tengah pandemi Anda tidak boleh lupa untuk membawa masker cadangan minimal 3 pcs, spray kit, dan hand sanitiser. Selalu membawa traveling kit plus saat berlibur akan membuat aman dan nyaman. Anda tidak perlu buru buru mencari toko serba ada hanya untuk membeli masker baru karena masker yang Anda pakai basah atau kotor seperti keciprat air atau tak sengaja jatuh. Dengan adanya hand sanitiser Anda juga tidak perlu selalu mencari wastafel untuk cuci tangan setiap habis memegang benda asing di ruang publik.

Saat berlibur ke luar kota, akan lebih nyaman bila Anda menginap di kota tujuan. Hal itu akan menjaga stamina agar tetap sehat dan bugar selama liburan. Pastikan untuk selalu memilih hotel yang ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Hotel yang bagus dan berkualitas biasanya akan sangat berhati hati dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain karena mematuhi aturan pemerintah, hal itu dilakukan sebagai komitmen dalam memberi kenyamanan pada tamu. Namun, Anda perlu catat bahwa hotel bagus tidak selamanya mahal. Anda tetap bisa mendapatkan hotel bagus dan murah dengan menginap di hotel backpacker seperti jaringan POP! Hotels. Saat berlibur di Yogyakarta, Anda bisa menginap di pada POP! Hotels Yogyakarta yang merupakan hotel murah dengan fasilitas yang bisa memanjakanmu dan kamar modern.

Di Yogyakarta, para wisatawan bisa memilih menginap di hotel dekat Malioboro seperti POP! Hotel Malioboro atau POP! Hotel Sangaji. Lokasinya yang strategis akan memudahkan wisatawan mengakses berbagai destinasi wisata di Yogyakarta. Selain itu Anda juga bisa memesan kamar di POP! Timoho yang berlokasi di sekitar area Balaikota Yogyakarta. Semakin dekat lokasi penginapan yang Anda pilih dengan destinasi wisata tujuan, maka akan semakin aman dan nyaman. Anda tidak perlu bertemu banyak orang saat menuju tempat wisata dan kembali ke penginapan. Bila lokasi yang dituju lebih banyak di sekitar keraton Yogyakarta maka hotel dekat malioboro seperti POP! Hotels Yogyakarta merupakan pilihan hotel di Jogja yang tepat untuk Anda.. Well , itu dia lima hal yang perlu Anda lakukan agar tetap aman dan nyaman selama berlibur meski di tengah pandemi, Nah, saat berada di Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata yang telah buka meski di tengah pandemi.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda datangi selama berada di Yogyakarta adalah : Tidak sulit bagi Anda untuk berwisata ke Taman Sari karena lokasinya yang tepat di jantung kota. Wisata ini cocok buat Anda yang menikmati wisata budaya dan seni karena berkesempatan untuk menjelajah spot spot seputar Keraton Yogyakarta. Selain bisa menyelami kekayaan sejarah dan budaya Yogyakarta, di sini, Anda bisa menemukan spot foto yang bagus dan instagramable. Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang unik dan eksotis. Pantai ini berpasir hitam dan sangat menyenangkan untuk dieksplorasi. Bermain pasir bersama keluarga sambil menikmati matahari terbenam akan menjadi hal yang dirindukan.

Bosan dengan suasana pantai dan wisata kota, Anda bisa mencoba wisata satu ini. Berada di daerah Sleman Yogyakarta, Tebing Breksi menawarkan pengalaman dan indahnya pemandangan alam. Sebenarnya Tebing Breksi merupakan kawasan cagar alam yang dulu menjadi tempat penambangan batu breksi. Namun, kini lokasi ini sudah didandani sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata favorit. Perjalanan dari Yogyakarta ke sini hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja. Masih dengan suasana alam nan elok, Anda bisa mengunjungi kawasan The World Landmark Merapi Park Yogyakarta yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit dari pusat Yogyakarta. Di sini Anda bisa melihat berbagai minatiur ikonik dari berbagai belahan dunia.

Meski selama pandemi beberapa wahana tidak dibuka, namun berwisata ke Merapi Park tetap akan memberi suasana berbeda untuk Anda karena keindahan alamnya. Anda juga bisa menikmati sajian khas Yogyakarta di sekitar kawasan wisata. Tak bosan dengan keindahan alamnya, kali ini Anda bisa mengunjungi tempat wisata Pinus Pengger yang berlokasi di daerah Bantul, Yogyakarta. Perjalanan ke sini akan menyenangkan karena bisa melihat kehidupan masyarakat Yogyakarta dari dekat. Bila menginap di salah satu POP! Hotel Yogyakarta, Anda hanya perlu berkendara sekitar 50 menit untuk sampai ke sini. Di Pinus Pengger Anda bisa menikmati indahnya pemandangan dan udara yang sejuk dan asri. Di sini banyak terdapat spot foto yang membuat liburan Anda tak akan terlupa. Selain pemandangan alam, dari sini wisatawan juga bisa mengambil foto dengan latar belakang kota Yogyakarta terutama di malam hari.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Yogyakarta. Jadi, meski pandemi Anda tetap bisa berlibur ke luar kota dan menikmati berbagai keseruan selama berada di tempat wisata. Namun, tetaplah taat menjalankan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyaman bersama. Selamat berlibur, dan stay safe ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *