Fungsi dari Full Node

Node adalah salah satu bagian penting dari sebuah jaringan blockchain. Buku besar digital yang mana disini mencatat Informasi transaksi aset sebuah crypto. Node berperan untuk memastikan Bitcoin agar bisa beroperasi sebagai salah satu sistem ekonomi yang terdistribusi secara vertikal dan blockchain jaringan yang cukup terpercaya.

Serta di sini juga bisa dimonitor oleh siapapun tanpa ada satu pihak yang dapat memiliki kontrol penuh atasnya. Pada kali ini akan di ulas sedikit informasi mengenai fungsi dari Full Node itu sendiri.

Apa Fungsi dari Full Node ?

 

Pada dasarnya merupakan sebuah komputer yang di sini terkoneksi ke jaringan blockchain dan berkomunikasi dengan komputer-komputer lain dengan tujuan untuk dapat memastikan integritas jaringan dan juga keamanan dari jaringan tersebut.

Sebagai contohnya jaringan Bitcoin dijalankan oleh beberapa node yang sering kali dikenal sebagai Bitcoin protokol peer to peer. Bitcoin mode itu sendiri terdiri dari berbagai macam serta memiliki fungsi yang berbeda antara satu sama lain.

Beberapa tipe node yang terdapat di dalam jaringan Bitcoin itu sendiri contohnya full nodes, mining nodes dan lightweight nodes. Dan untuk pembahasan kali ini akan lebih spesifik pada fungsiĀ  menjalankan full node yang perlu untuk Anda ketahui, yang mana fungsi tersebut antara lain yaitu :

  1. Mempunyai kontrol penuh untuk dapat memastikan bahwasannya protokol dari Bitcoin benar-benar telah dipatuhi. Node menolak blok maupun transaksi yang tidak mengikuti aturan konsensus Bitcoin dengan cara koneksi yang ditolak dari pengirim.
  2. Jika Anda tidak menjalankan full nodes, berarti disini Anda perlu bergantung pada node dari provider tersebut. Dengan menjalankan node sendiri Anda tidak akan bergantung pada pihak-pihak lain.
  3. Saat terjadi kondisi dimana program mengalami percabangan, maka full nodes nantinya bisa memilih blokchain mana yang akan ia ikuti. Sebagai contoh ketika Bitcoin tengah mengalami percabangan menjadi Bitcoin cash dan Bitcoin core, full node nantinya bisa memilih untuk mengikuti rantai yang mana. Dalam arti kata disini full node juga memiliki fungsi sebagai alat voting yang tepat.

Demikianlah yang dapat dijelaskan mengenai fungsi dari Full Node yang perlu anda ketahui, dan semoga bermanfaat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.